Music

WSATCC And Their Hypnotizing Music

Nama White Shoes And The Couples Company (WSATCC) bagi pecinta musik indie mungkin sudah tidak terlalu asing ya. Baiklah teman-teman, kali ini izinkanlah aku untuk bercerita tentang salah satu band favoritku, White Shoes And The Couples Company.

wstcc_atthejayapub_photokeketumbuan
Source : whiteshoesandthecouplescompany.org

Pertama kali aku tahu WSATCC kalau nggak salah sekitar tahun 2015. Jadi waktu itu salah satu sahabat memperdengarkan aku lagunya WSATCC yang judulnya “Tentang Cita”. Boom! Asli aku langsung jatuh cinta sama band ini! Lagunya asyik banget buat didengerin, beda dari lagu-lagu yang pernah aku dengerin, dan musiknya seakan menghipnotis untuk menari di lantai dansa. Terdengar lebay mungkin, but seriously i’m not kidding! Besoknya, langsung dah aku coba lihat di Youtube, tak ketinggalan kucari pula artikel yang mengulas tentang WSATCC. Dan voila! Ternyata yang ngereview kebanyakan adalah situs luar negeri, warbyasah!

Singkatnya dari beberapa artikel dan review yang kubaca, aku mengetahui bahwa band yang udah didirikan sejak tahun 2002 ini ternyata udah banyak dikenal di luar Indonesia, bahkan mereka merupakan band Indonesia pertama yang dikontrak oleh salah satu label asal Amerika Serikat, Minty Fresh. Konser WSATCC di luar negeri juga bukan cuma sekali dua kali, udah pernah manggung dimana-mana. Asli keren banget dah pokoknya! Makanya waktu aku tahu band WSATCC ini baru di tahun 2015, i feel like “kemana aja gue selama ini?”.

Anyway, yang bikin aku sampe sekarang masih suka banget sama WSATCC ada banyak hal, mungkin juga bisa dibilang semua dari WSATCC aku suka! Pertama musiknya, sumpah waktu pertama kali denger lagunya WSATCC itu kayak aku merasa seperti muda-mudi tahun 70-an deh. Vibenya klasik banget cuy, dan kurasa permainan Ny. Mela disini adalah kuncinya. Musiknya enak banget buat berdansa, hehe. Aku nggak ngerti banyak soal musik sih, jadi maklumin ya kalu misal nggak bisa mendeskripsikan dengan baik 😦

Lalu dari lirik lagunya, hampir semua lagu-lagu WSATCC itu pakai kata-kata dalam bahasa Indonesia yang klasik alias jadul. Misalnya di salah satu penggalan lirik lagunya yang berjudul Senandung Maaf ini:

“Senandungkan lagu ini, atas rindu di hati

Berlutut di lantai bumi, bersedih menyepi

Toreh kisah senandung kasih, maafkan tuan daku berjanji”

See? Klasik banget gitu dah liriknya. Muantap betul. Cocok antara musik dan lirik lagunya. Nggak cukup sampai disitu. Ternyata bukan cuma musik dan lagunya aja yang kelawas-lawasan, tapi dari segi style fashionnya pun vintage abis. Musik WSATCC memang banyak dipengaruhi oleh soundtrack film layar lebar era 1940-1970-an (whiteshoesandthecouplescompany.org). Menurut aku, band ini punya karakter yang kuat, dan ciri khas adalah hal penting yang harus banget dimiliki agar tak mudah dilupakan di dunia seni yang terus berkembang.

wstcc_atbizartailor_photojuliasarisetiati.jpg
Source : whiteshoesandthecouplescompany.org

Semenjak menjadi penggemar berat WSATCC, aku selalu menyempatkan untuk datang ke konser WSATCC di Malang, sebabnya adalah aku auto jatuh cinta sama live perform mereka saat pertama kali nonton konsernya WSATCC di Malang tahun 2016 di Radio of Rock Tour Serial 2 nya Ruru Radio, sama persis kayak waktu jatuh cinta sama WSATCC saat pertama kali dengerin lagunya.

Buat yang udah pernah nonton konsernya WSATCC pasti tahu dong gimana aksi panggungnya Nona Sari? Ya, aksi panggung Nona Sari inilah yang selalu membuat suasana live perform mereka menjadi semakin hidup. Lincah dalam menari, gerakan tangan yang menghipnotis, ditambah lagi suaranya yang sangat pas sama karakter band ini, ah gak tau lagi deh mau bilang apa, keren bangeeeeet pokoknya! Rasanya selalu pingin ikutan joget dah kalo nonton konsernya WSATCC! Yang belum pernah nonton live performnya, kalian harus sempetin nonton, pokoknya harus! Asli mah, auto jatuh cinta! Huoooo. Maaf aku jadinya heboh sendiri 😦

Ya, itu tadi adalah review tentang band favoritku, White Shoes And The Couples Company. Band Indonesia dengan musikalitas yang sangat keren dan berkarakter yang telah melanglang buana. Semoga dapat selalu konsisten dalam berkarya dan tak lekang oleh waktu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.