Music

How Creative People Show Their Feeling Through a Mixtape

Mixtape (mix tape) merupakan kompilasi lagu yang dapat dibuat berdasarkan kesukaan, tema, genre, emosi, dan lain sebagainya yang dipilih secara acak. Mixtape bisa menjadi sebuah media untuk mengekspresikan diri, menunjukkan ataupun mengungkapkan apa yang tidak mampu diucapkan.

Processed with VSCO with a5 preset
Salah satu halaman dari Book of Lyrics mixtape berjudul “Space for Two” yang pernah dibikinin sahabatku buat aku

Bagiku sendiri, mixtape adalah media bagi orang-orang kreatif untuk menunjukkan keromantisan (emosi) mereka kepada orang lain, hehe. Aku pernah mendapat kado sebuah mixtape dan pernah juga membuatkan kado berupa mixtape. Isinya adalah lagu-lagu yang menggambarkan perasaan kita terhadap orang tersebut, random gitu deh penyanyinya, namanya juga mixtape ye kan.

Membuat mixtape tidaklah sulit, karena sederhananya kita bisa saja memilih lagu-lagu yang kita sukai yang memiliki kesamaan baik itu dari makna lagunya atau juga genre musiknya. Ya, asalkan bukan penyanyinya aja sih, karena kalau satu album mixtape kamu isinya lagu-lagu dari satu penyanyi atau band aja berarti namanya bukan mix dong.

Processed with VSCO with a5 preset
WIP halaman-halaman dari buku lirik lagu di mixtape yang mau dibuat

Lalu, ada nggak sih tips untuk membuat mixtape itu sendiri?

Well, kalau dari aku ada beberapa sih tipsnya, yaitu:

1. Tentukan tujuan pembuatan mixtape

Walaupun namanya mixtape, tapi harus tetap ada maksudnya dong buat apa mixtape itu dibuat, jadi nanti bakalan jelas lagu-lagu mana yang akan dipilih untuk dikombinasikan dalam mixtape tersebut. Misalnya kamu mau bikin mixtape untuk menyemangatimu di kehidupan kuliahmu, maka lagu yang dipilih juga jangan lagu cinta-cintaan yang isinya tentang perselingkuhan gitu dong, kan nggak nyambung jadinya. Jadi tujuan maupun untuk siapa mixtape tersebut akan dibuat harus jelas dulu.

2. Pilih lagunya!

Karena udah jelas tujuannya apa, maka yang harus dilakukan berikutnya adalah tentu saja memilih lagu yang akan dirangkum dalam mixtape kamu. Nggak ada tips khusus sih untuk memilih lagu, karena lagu yang harus dipilih ya pure lagu-lagu yang menurut kamu pas untuk masuk di mixtape itu, lagu yang bisa mewakili emosi atau tujuan kamu membuat mixtape itu. Untuk berapa jumlah lagu yang akan kamu ambil di mixtape itu terserah sih, tapi kalau bisa juga jangan terlalu banyak. Kalau aku akan memilih 10 atau 12 lagu mungkin ya, mentok 15 lagu deh. Dan jangan lupa kasih nama untuk mixtape yang sudah kamu buat biar lebih greget 😀

Processed with VSCO with a5 preset
Space For Two – mixtape

3. Buat desain untuk menyempurnakan hasilnya

Sebenernya poin ketiga ini nggak wajib sih, disarankan hanya untuk yang ingin membuat mixtape dalam bentuk hardfilenya aja. Jadi buatlah desain untuk CD labelnya dan juga kalian bisa mendesain buat CD casenya kalau saja kalian ingin membuat DIY CD case. Bahkan kalau kamu mau, kamu bisa juga membuat buku yang berisi lirik dari lagu-lagu di mixtape tersebut.

Processed with VSCO with preset
Ini adalah mixtape beserta custom CD case dan Book of Lyrics yang pernah aku buat untuk sahabatku

 

Itulah tadi sekilas tentang mixtape, sebuah karya sederhana yang disusun dengan penuh cinta. Baiklah, sampai jumpa di post minggu depan semua 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.