Music

Bicara Pertemuan di Folk Music Festival

“Kita hanya akan bertemu dengan apa-apa yang kita cari”.

Begitulah kira-kira tagline dari acara Folk Music Festival 2018. Folk Music Festival (FMF) adalah acara musik yang mendatangkan musisi-musisi Indonesia dengan musik dan lagu bertemakan Folk.

IMG_20180804_154727
Penampilan Daramuda Project, salah satu bintang tamu di acara FMF 2018

Haaai semua!
Pertama kali tahu tentang event ini adalah tahun 2016. Pada waktu itu masih belum ngerti apa itu festival musik folk, tapi karena di acara tersebut (FMF 2016) ada beberapa band favorit aku yang bakal tampil, aku pun lantas membeli tiket FMF 2016. FMF 2016 kebetulan sekali saat itu dihelat di Kota Malang, dan harga tiketnya pun sangat murah (saat itu hanya Rp. 40.000 saja) dengan banyak guest stars apik yang diundang, bagi aku itu adalah acara yang gak boleh banget dilewatin!

WP_20160514_13_48_46_Pro
Self portrait di photobooth FMF 2016

Ya, itu adalah acara musik yang sangat keren bagi aku, karena dengan harga tiket yang sangat terjangkau aku bisa menikmati performa dari musisi-musisi indie favorit seperti WSATCC, Float, Danila, Wake Up Iris!, Teman Sebangku, Ari Reda, dan masih banyak lagi, pokoknya keren-keren!

Saat itu sepertinya penikmat musik indie dan folk di Kota Malang belum terlalu banyak seperti sekarang ya, venue yang dipilih pun tidak terlalu luas, saat itu acara FMF 2016 diadakan di kawasan Lembah Dieng, sepertinya juga saat itu terlihat overload penonton, banyak penonton berdiri memadati area yang tersisa, dan semakin malam semakin banyak pula yang datang, aku sendiri nggak begitu ingat sih, karena waktu itu aku duduk di barisan depan (rela berangkat tengah hari bolong biar dapet tempat duduk yang enak hahaha). Tetapi overall acara FMF 2016 bagi aku sangatlah berkesan, sejak saat itu pula aku mulai mengenal banyak musisi-musisi indie dan folk Indonesia.

 

FMF Tahun 2017

Tahun 2017, keberuntungan masih berpihak padaku, karena ternyata FMF kembali dihelat dengan lokasi yang masih bisa kujangkau yaitu di Kota Wisata Batu – Malang, horee! Konsep dan pemilihan venue kali ini semakin baik, guest stars, konten promosi dan publikasi digitalnya juga semakin keren, jauh semakin baik dan matang dibanding tahun sebelumnya. Kali ini FMF 2017 diadakan di Agrowisata Batu, venuenya adalah lapangan rumput Agrowisata Batu yang cukup luas, sehingga bisa menampung lebih banyak orang.

Tiket FMF 2017 dibanderol mulai harga Rp. 85.000 untuk presale pertama. Sungguh signifikan ya kenaikan harga tiketnya hehehe. Tapi saya acungi jempol lah buat event organizernya. Karena dengan kenaikan harga yang dua kali lipat tersebut, saya akui worth lah, mantap gan! Saya sebagai penonton merasa nyaman saat nonton FMF 2017. Dari areanya, bintang tamunya yang tidak kalah dari tahun sebelumnya, lalu kami juga diberikan kesempatan untuk berjumpa dengan para idola di acara makan siang bersama para GS (sayangnya saya tidak bisa ikut huhuhuu, jadi nggak punya review tentang acara lunch tersebut).

IMG_4090
Foto kawan nontonku di photobooth FMF 2017

Sebenernya ada sedikit kekecewaan sih saat aku nonton FMF 2017. Karena awalnya FMF 2017 akan mengundang WSATCC sebagai salah satu GS mereka, ya, karena aku adalah fans berat WSATCC maka harga tiket yang sudah naik dua kali lipat tersebut rela aku beli! Bocoran aja nih, aku nggak terlalu tahu sama guest stars yang diundang di FMF 2017, jadi awalnya nggak begitu antusias, tapi begitu nama WSATCC dipublish, wuoooo tanpa ba bi bu lagi langsunglah kubeli itu tiketnya FMF 2017. Tapiiiiii, beberapa hari menjelang konser tiba-tiba ada notifikasi dari pihak FMF bahwa WSATCC batal perform, dan GS penggantinya adalah Stars and Rabbit, huuuu sedih bat rasanya 😦

IMG_3943
Penampilan Float di Folk Music Festival 2017
IMG_3924
Mbak Monita manis yang selalu enak dipandang dan suaranya bikin adem

Tapi akhirnya aku tetep dateng sih ke acaranya, yah mau gimana lagi, tiketnya juga mahal kan :’) Untungnya masih ada Float dan Monita Tahalea sih, jadi nggak begitu sedih. Dan di penghujung acara, tampillah itu Stars and Rabbit. Sejujurnya aku nggak yang ngefans fanatik gitu ke Stars and Rabbit, cuman lagunya ya enak-enak aja, sering juga dengerin lagu mereka, jadi masih hafal lah beberapa lagu. Tapi tapi tapiiiii, ternyata live perform Stars and Rabbit waktu itu petjaaaaaaah banget guys! Asli! Aku yang notabenenya gak begitu ngefans ke mereka tetep aja bisa jingkrak-jingkrak waktu mereka perform, kebawa sama perform mereka yang fresh dan penuh semangat.

Stars and Rabbit on the stage

Maksud hati ingin ngefoto mbak Elda, tapi apa daya karena mbak Eldanya yang gak bisa diem dan hasil fotonya jadi ngeblur semua, akhirnya yang bisa kufoto adalah mas Adi sajaa

Konser berakhir pukul 00.30 dinihari. Kesedihan karena batalnya WSATCC tampil walhasil terbayar sudah di malam itu. FMF emang selalu bisa bikin kejutan! Nais gan!

 

Berlanjut di cerita FMF 2018.

Di tahun 2018 FMF kembali diadakan, dan beruntungnya akuuuu sekali lagi karena FMF diadakan di tempat yang sama, Kota Wisata Batu! Horay!

Di tahun ini, FMF dikemas berbeda dari yang sebelum-sebelumnya, jauh lebih mateng dan konsepnya benar-benar festival lah. Publikasi dari pra acara hingga pasca acaranya bagus, pemilihan dan pemanfaatan tempat (tahun ini banyak stand makanan dan minuman yang harganya sangat terjangkau loh), guest stars yang diundang, semuanya keren! FMF 2018 dihelat selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 3 sampai 5 Agustus 2018. Di FMF kali ini ada kegiatan literasi dan workshop gitu temen-temen, jadi nggak hanya ada konser musik. Untuk workshopnya apa aku sedikit lupa sih, hehehe maaf.  Jadi di hari pertama, dilangsungkan kegiatan literasi (yang kalau tidak salah masih dilanjutkan di hari kedua dan ketiga), sedangkan hari kedua dan ketiga adalah konsernya.

Aku akan menceritakan perihal konsernya ya, karena aku pribadi enggak ngikutin kegiatan literasinya. Well, untuk konsep konsernya kurang lebih masih sama seperti tahun lalu, hanya saja kali ini GS yang diundang lebih banyak, lalu panggungnya berjumlah 2 yang digunakan bergantian (sepertinya sih untuk efisiensi waktu para GS untuk checksound sebelum perform). Oh iya, tahun ini, kita juga mendapatkan sebuah majalah berisi artikel-artikel seputar musik, kegiatan, dan guest stars FMF 2018, cool! Lalu, kegiatan makan siang dengan para GS masih menjadi andalan FMF nih teman-teman, tapi aku sekali lagi nggak bisa ikutan 😦

Jujur salut banget buat event organizer FMF. Dari tahun ke tahun selalu ada upgrade di konsep acaranya. Untuk tiket naik gak? Jangan ditanya kalau yang ini mah. Semakin baiknya kualitas tentu akan berimbas dengan berapa yang harus kita bayarkan dong, hehehe. Tahun ini tiket presale pertama dihargai Rp. 175.000. Wow wow wow! Nggak tanggung-tanggung ya naiknya! Tapi alhamdulillah, kala itu aku sudah punya penghasilan sendiri, jadi masih bisa dan nggak sayang gitu dah buat ngebeli tiketnya, nyahahaha.

Untuk GS nya gimana? Hmm, coba tebak? Yaaa! WSATCC perform! Huoooo akhirnya setelah sekian lama gak nonton mereka, kerinduan akan terobati! Dan satu lagi, Efek Rumah Kaca juga perform, aye! Komplit sudah, jagoanku banyak yang diundang! Jadi GS tahun ini nih banyak banget dan juga keren-keren! Aku nggak kenal semua GS nya sih, tapi bagi aku beberapa GS sudah sangat menghibur. Anyway, karena tahun ini konser musiknya dihelat selama 2 hari, jadi selesainya gak terlalu malem temen-temen, sekitar jam 11 atau setengah 12 malam sih seinget aku udah selesai.

Satu hal lagi yang sangat aku acungi jempol dari FMF adalah, para GS yang sangat ramah dan “berseliweran” kesana kemari di antara penonton. Jadi aku ngerasa beruntung banget tahun ini, karena aku dapet kesempatan untuk foto sama nona Sari (Vokalisnya WSATCC) idola akoh! OMG OMG OMG OMG! Seneng bangeeeeeeet! Selain itu aku juga dapet kesempatan buat foto sama bang Rio Farabi (WSATCC) juga bang Poppy Airil (ERK) yang juga kesayangan akoh! Ulalaaaaa!

IMG_20180804_172748
Nona Sari I heart you dah pokoknya!
IMG_20180804_172248
Bang Rio biasku! Nyahahaha

WhatsApp Image 2018-11-01 at 11.28.54

Terakhir nih, bersama bang Poppy AirilJadi kesimpulannya, untuk tiket seharga Rp. 175.000, acara ini worth bangeeeeet! Mantap dah! Dan overall dari semua FMF yang aku pernah datengin, menurutku yang paling oke adalah yang tahun ini. Terima kasih Folk Music Festival! Semoga tahun depan semakin keren dan semoga di tahun depan masih bisa bertemu 🙂

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.