Life

Hobi + Usaha + Keterampilan = Side Project Bernilai Ekonomis

“Uang uang uang uang uang” (Mr. Krab; Spongebob Squarepants)

Source : wovgo.com

Haai! Sedikit ngobrol tentang hobi yuk!

Hobi adalah sesuatu yang kita suka kerjakan di waktu senggang dan bukan merupakan pekerjaan utama. Membaca, menulis, mewarna, melukis, menyanyi, berenang, menjahit, mendesain dan lain sebagainya adalah contoh-contoh hobi. Ketika kita melakukan hobi tentu ada perasaan senang kan? Selain itu hobi juga bisa menjadi penghilang stress loh. Gak percaya? Coba aja hehe.

Seseorang bisa saja memiliki hobi lebih dari satu, sah sah saja. Lalu ketika hal yang suka kita kerjakan itu bisa menghasilkan uang gimana? Alhamdulillah banget dong! Tapi apa bisa? Tentu saja! Asal kita mau terampil dan mau berusaha, cuan pasti datang hehehe.

Aku akan bercerita tentang hobi dan side projectku ya. Well, hobiku adalah internet surfing.

WTF! Are you kidding me?

No, I’m fucking serious! Hobiku gak cuma itu sih, ada yang lain juga, tapi mari fokus ke yang ini hehe. Jadi temen-temen, kurasa hampir sebagian besar orang suka yang namanya internet surfing ya? Biasanya kalau internatan ngapain? Main instagram, facebook, atau sosmed lainnya? Kalau aku, sekalinya internetan itu sukanya nyari bahan. Hah? Bahan apa? Banyak sih, yang jelas bahan yang nanti bisa bikin produktifitas lancar, misalnya stok foto, stok musik, video tutorial dan lain sebagainya. FYI, aku kan punya keterampilan mendesain grafis ya, terus kadang dimintai tolong temen untuk bikin ngedesain sesuatu, makanya stok foto maupun stok-stok lainnya itu penting buat aku, hingga akhirnya kalau waktu senggang dan ada akses internet aku surfing deh. Menurut kalian internet surfing termasuk kategori hobi atau bukan? 🙂

Next, aku punya side project jualan kado berupa photo framed gitu, projectku ini kuberi nama “Rare Souvenir”, kalau berkenan bolehlah cek instagram kita @raresouvenir (maap, namanya juga usaha ye kan :D). Kurang lebih bentukan awalnya kayak gini nih:

Prototype side projectku nih

Sederhana kan? Tapi ada yang suka, yang berarti itu bisa laku kalau dijual, yang juga berarti bisa menghasilkan uang.

Pada awalnya, aku hanya bikin photo framed seperti di atas sebagai kado wisuda untuk teman-teman. Iseng sih sebenarnya, kepingin aja gitu ngasih kado yang less budget tapi tetep kelihatan spesial,  jadilah muncul ide untuk membuat editan yang sedikit artsy dari foto temen-temen lalu membingkainya. Karena teman-teman yang wisuda terkadang tidak hanya 1 atau 2 melainkan bisa 4-6 sekaligus, maka terasa berat juga di kantong ye kan, sehingga kemudian muncul ide untuk menjual produk dari keahlianku itu tadi!

Akhirnya aku siapin dah itu konten buat promosi (portofolio), lalu aku bikin akun jualan, daaan voila! kejadian deh wkwkwk. Aku mulai membuat beberapa contoh desain yang kira-kira bakal diminati pasar. Bukan hal yang sulit dilakukan karena mendesain grafis adalah hal yang juga aku sukai dan hal yang aku terampil di dalamnya. Sejauh ini alhamdulillah sudah banyak yang pesan, yah walaupun untuk ukuran bisnis progress jualanku ini cenderung lambat haha -_-

Contoh hasil jadi photo framed – side projectku

Hal yang menyenangkan ketika puya side project adalah ketika “keisengan” kita itu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah hohoho. Tak hanya itu, menurutku yang lebih menyenangkan selain uang yang kita hasilkan adalah kepuasan batin ketika orang suka dengan karya kita, to be honest loh ya :). Yang membuat aku semangat dalam menjalankan side project ini over money adalah ketika para pelanggan senang dan perasaan mereka bisa tersampaikan lewat kado yang aku buat (cieeee).

Punya side project yang sukses dan panjang umur adalah hal yang menyenangkan tentunya. Tapi untuk berada di titik “sukses dan panjang umur” itu butuh usaha. Terkadang memang sulit untuk berani memulai mendirikan side project kita, tetapi yang lebih sulit lagi adalah melawan rasa lelah dan berjuang untuk tetap konsisten dalam menjalankan side project itu sendiri. Semangatnya jangan Cuma ada di awal aja ya gan sis! Uwuwuwu!

Inti dari semua ini adalah coba lihat peluang upgrading dari hobi kita. Tidak harus berorientasi pada uang kok, bisa juga pada hal lain (misalnya untuk branding diri sendiri). Kalau sudah punya hobi, tidak ada salahnya mengasah keterampilan lain yang masih related dengan hobi kita sehingga nantinya bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih. Kalau belum punya hobi, silahkan segera temukan atau buat hobi kalian. Selamat menjadi pribadi yang produktif teman-teman! 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.