Butuh duit berapa nih kalau mau main dari Malang ke Jakarta?

20181028_135812
Solo Travelling โ€“ Journey to Jakarta

Hai semuanya! Di tulisan aku kali ini, aku akan bercerita tentang pengalaman solo travelling dari Malang ke Jakarta selama 4 hari 3 malam yang sama sekali nggak terencanakan sebelumnya alias mendadak.

Sebenernya ya bukannya solo travelling juga sih (hahaha). Long story short, waktu itu aku dapet pengumuman untuk tes kerja di Jakarta, semuanya mendadak banget! Bayangin aja, aku inget banget hari itu Kamis siang sekitar jam 13.00 WIB, pengumuman mengenai tes kerjaku keluar, dan tau gak kapan jadwal tesnya? Hari Sabtu, yang berarti hanya ada selang 1 hari untuk pergi ke Jakarta. Maka segeralah aku bikin perkiraan budget yang aku butuhkan untuk perjalanan besok itu, dan karena serba mendadak dan kurang persiapan itulah maka budget yang aku keluarkan cukup banyak (normalnya bisa lebih murah dari ini).

 

Jadi, gimana rincian biayanya?

 

Pertama, Budget Transport

Rinciannya sebagai berikut:

  • Harga tiket berangkat Malang-Surabaya : Rp. 35.000
  • Harga tiket berangkat Surabaya-Jakarta : Rp. 300.000 (dapet diskon dari aplikasi pegipegi 25.000)
  • Harga tiket pulang Jakarta-Malang : Rp. 280.000
  • Naik ojol : Rp. 120.000 (Opsional)
  • TOTAL : Rp. 710.000

Kurang lebih gitu sih rincian biayaku kemarin. Akomodasi untuk transport memang biasanya yang paling mahal.

Banyak keblunderan yang aku bikin sebenernya hehehe. Apa aja tuh? Ini dia:

  1. Aku gak pernah naik kereta api, jadinya buta informasi (dan bodohnya gak tanya-tanya ke temen karena panik).
  2. Selama di Jakarta cuman mengandalkan ojol walaupun tujuannya jauh (asli ini boros banget).
  3. Sama sekali nggak kepikiran buat nyari tahu soal KRL, dan juga gak berani nyoba :โ€™D

Balik lagi ke kereta api. Jadi waktu itu aku dapet kereta api kelas ekonomi Jayakarta Premium (rute Surabaya-Jakarta). Kenapa gak dari Malang aja? Karena sudah kehabisan tiket ๐Ÿ˜ฆ . Sebetulnya, kalau tiket kereta dari Malang ke Surabaya yang offline (beli di stasiun langsung) harganya gak sampe 35 ribu, jauh lebih murah dan kalau gak salah gak sampe 20 ribu.

Terus, untuk kereta dari Surabaya ke Jakarta aku dapet harga 300 ribu, tapi dapet diskon dari aplikasi pegipegi 25 ribu (thanks to you!), jadi tiketnya cuma seharga 275 ribu. Dari tiket kereta sendiri untuk rute Malang-Jakarta maupun sebaliknya harga paling murah adalah 109 ribu. Iya, seratus sembilan ribu. Tapi yah pastinya sih gak bakal kebagian kalau berangkatnya dadakan kayak aku.

Sekarang adalah transportasi waktu di Jakarta.

Seperti yang tadi aku bilang, perjalanan yang cukup mendadak membuat aku kurang persiapan. Aku yang baru pertama kali ke Jakarta bisa dibilang masih โ€œkekurangan bekal pengalamanโ€ lah hehehe. Jadi, satu-satunya transportasi yang bisa kuandalkan untuk riwariwi adalah babang ojol, karena tentu saja mudah dan cepat.

Waktu itu sekali jalan paling mahal aku kena tarif 26 ribu (dari Jaksel ke Jaktim), itu udah dapet promo loh :โ€™) bisa bayangin gak betapa borosnya aku disana sekedar buat ojol doang?

Tapi tapi tapi, kalau misalnya naik KRL (dulunya commuter line) kita gak bakal habis segitu banyak, karena tarif KRL terjangkau banget sob! Cuman 3 ribu perak untuk sekali jalan. Yha, segitu itu deh tarifnya. Bakal lebih kalau daerahnya jauh sih (misal dari Jaktim ke Bogor gitu), tapi tenang aja, nambah tarifnya cuman seribu doang kok per 10 km (kalau gak salah ๐Ÿ˜€ ).

Cara naik KRL gimana?

Ya tentu saja kita harus datang ke stasiunnya dong. Stasiun mana? Bebas! Hampir semua stasiun di Jakarta bisa kok. Nah, untuk naik KRL kita harus punya kartu BCA Flazz atau kartu KRL. Untuk para pelancong yang gak punya kartu tersebut, donโ€™t worry, kita bisa sewa kartu THB (Tiket Harian Berjaminan) di loket. Kita Cuma perlu membayar 13 ribu (10 ribu untuk jaminan kartu, 3 ribu untuk tarif perjalanannya) dan voila, dapatlah itu kartu THB.

Kartu digunakan untuk tap in dan tap out, istilah untuk masuk maupun keluar gate KRL. Setiap kali mau naik KRL kita harus top up ke loket atau bisa juga pakai vending machine kartu, top up nya hanya sejumlah tarif perjalanan (misal tarif perjalanan kena 3 ribu ya bayaranya 3 ribu, bukan 13 ribu lagi). Penting untuk diingat, jangan sampai lupa tap out di gerbang yang bener ya, biar kartu KRL nya nggak kena blokir.

20181213_111111
Peta rute KRL yang aku foto manual ahaha. Bisa juga download di websitenya KRL (http://www.krl.co.id)

Terus kalau udah selesai ngetrip, kartu KRL nya gimana?

Tinggal dibalikin aja ke loket, nanti uang kita yang 10 ribu (uang jaminan kartu) bakal dibalikin. Masa tenggang pengembalian kartu adalah 7 hari setelah penggunaan terakhir. Gimana? Enak dan murah to?

 

Kedua, Budget Makan

Nah kalau untuk makan sih bisa menyesuaikan kondisi keuangan kantong, tapi jangan sampai gak makan karena ngirit ya ๐Ÿ˜ฆ . Overall, budget makan yang aku butuhkan kemarin sih kurang dari Rp. 100.000 (untuk 6 kali makan).

Anggaplah sekali makan di Jakarta itu 15 ribu (makan+minum), tinggal dikira-kira deh habisnya bakal berapa. Kalau anggaran buat sekali makan 10 ribu gak bisa ya? ๐Ÿ˜ฆ

Bisa dong. Tipsnya, makan di warteg, pilih menu sayur-sayuran aja (atau lauknya bisa pake kerupuk apa tempe/tahu gitu), pokonya jangan ayam atau ikan laut ๐Ÿ˜€ , terus minumnya bawa sendiri deh air putih di tumbler. Dijamin gak bakal sampe 10 ribu!

Oh iya, sebaiknya sebelum berangkat pastikan udah makan dulu, kalo nggak gitu bisa juga bawa bekal makan atau camilan. Perjalanan Malang-Jakarta pakai kereta ekonomi biasanya makan waktu kurang lebih 15 jam. Kalau mau coba makanan yang dijual di kereta ya gakpapa sih, asal bawa duit lebih aja hehehe. Kalau harganya belum berubah, untuk harga makanan berat di kereta adalah 33 ribu, menunya biasanya sih nasi goreng, nasi ayam geprek, sama apa lagi ya? (duh kok aku lupa ๐Ÿ˜ฆ maaf ).

 

Ketiga, Penginapan

Selama di Jakarta aku hanya menginap 1 malam (Jumโ€™at siang berangkat, Sabtu siang tes, Minggu sore pulang, Senin siang sampe di Malang), jadi kira-kira kalau untuk budget menginap nggak perlu mahal-mahal, sekali lagi menyesuaikan kondisi kantong.

Budget untuk menginap yang aku butuhkan kemarin (kalau tidak salah) hanya Rp. 114.000.

Huaaa? Murah kan? Pastinya!

Tapi sebenernya kalau mau cari yang lebih murah dari itu juga bisa sih, ada kok. Sebelum itu, thanks to airy room app, karena dari situ aku bisa dapet penginapan yang nyaman dan pas di kantong. Aku menginap di Sabar Mansion 22 (Petukangan Selatan โ€“ Jaksel).

20181028_115217
Neon box Sabar Mansion 22

Beruntungnya aku hidup di zaman yang teknologinya udah canggih, jadi gak perlu lagi takut kantong kering karena harga sewa penginapan yang mahal hehehe. Harga awal Sabar Mansion 22 di aplikasi awalnya kurang lebih 160 ribuan, terus ada potongan dari airy room nya, jadi sekitar 140 ribuan aja. Nah beruntungnya lagi, hari itu aku dapet promo booking untuk wilayah Jakarta-Bandung, jadilah harga yang tadi dipotong lagi dan hanya tinggal 114 ribu-an aja. Oh iya, kalau menginap disini dikenakan deposit sebesar 100 ribu, biasalah sebagai uang jaminan, terus KTP kita juga diminta. Tapi gak usah khawatir, kalau gak ada fasilitas yang rusak atau hilang uang kita bakal balik kok ๐Ÿ™‚

Tapi nyaman gak?

Nyaman dong pastinya! Karena semua kamar airy room sudah sesuai dengan standar kenyamanan yang ditetapkan airy room. Handuk, sabun dan shampoo sudah tersedia, terus kita juga dapet snack dan air minum loh. Sabun dan shampoonya dikemas di sebuah pouch kecil gitu, dan boleh dibawa pulang ๐Ÿ™‚

20181028_103913
Lupa ambil gambar waktu snack nya masih ada, ini tinggal koper snack yang udah kosong hehehe (kalau kopernya gak boleh dibawa pulang ya)

Untuk check in sama seperti hotel pada umumnya sih, jam 2 siang, lalu check out maksimal jam 12 siang. Nah, sambil nunggu aku bisa check in, aku mampir dulu di kos temen hehehe.

 

Kesimpulannya:

  1. Biaya total yang aku keluarkan kurang lebih adalah 924.000 (710.000+100.000+114.000).
  2. Biaya tersebut bukan fixed cost, jadi bakal bisa lebih murah lagi kalau travellingnya nggak dadakan ๐Ÿ˜€ .
  3. Aku bukannya diendorse sama airy maupun pegi-pegi ya ๐Ÿ˜› , semuanya murni buat berbagi pengalaman.

Panduan dan tips hemat budget untuk yang akan travelling ke Jakarta:

  1. Cari tiket dari semua aplikasi online (bisa KAI Access, Pegi-Pegi, Traveloka, Airy Room, dll), silahkan bandingkan mana yang bakal dapet paling murah.
  2. Cari penginapan dari aplikasi booking online juga. Rekomendasi dari aku adalah Airy Room, Red Doorz, atau Zen Room. Ketiga aplikasi tersebut fokusnya lebih ke penginapan, jadi bakal lebih enak buat nyari dan booking penginapan dengan harga terbaik.
  3. Jangan lupa untuk selalu cek promo yang tersedia di aplikasi-aplikasi tersebut.
  4. KRL bisa jadi andalan moda transportasi jarak jauh yang murah di area Jakarta.
  5. Gunakan M-Banking agar transaksi lebih mudah dan cepat.
  6. Makan di warteg!
  7. Kalau mau rekreasi yang murah, ke Kota Tua atau Monas aja (di Monas gak ada apa-apa sih).

 

Baiklah kira-kira segitu saja cerita dariku, kalau ada yang mau nambahin silahkan langsung komen saja. Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.