Another subjective opinion about love.

Happy couple holding hands
Source : https://www.freepik.com/rawpixel-com

Terkadang kita tidak bisa memilih akan jatuh cinta dengan siapa. Cinta sama halnya dengan benci, rindu ataupun patah hati. Mereka datang tanpa bisa kita kendalikan. Cinta adalah hal yang membawa kebahagiaan, namun sayangnya seringkali ia datang bersama sebuah ketakutan. Ketakutan untuk tidak bisa memiliki.

Memangnya cinta harus memiliki?

Tidak. Namun cinta harus diperjuangkan!

Cinta harus diperjuangkan. Seorang Ayah ataupun Ibu pasti tak akan berhenti berjuang karena cinta mereka kepada sang buah hati bukan? Kenapa? Agar sang buah hati bahagia, karena saat sang buah hati bahagia mereka pun akan turut bahagia. Sesederhana itu.

Tak berbeda dengan cinta kepada lawan jenis. Ketika kita mencintai seseorang, maka perjuangkan, terlebih jika cinta itu bersambut. Bisa merasakan cinta adalah sebuah anugerah, namun yang lebih baik dari itu adalah saat cinta dapat terbalas. Apa yang lebih baik dari cinta yang terbalas?

Karena tak semua orang dapat beruntung merasakan bahagianya cinta yang terbalas, maka perjuangkanlah jika cintamu terbalas. Jangan pernah berhenti berjuang saat kemungkinan untuk bisa saling memiliki ada di depan mata. Tidaklah salah ketika manusia berharap untuk bisa memiliki orang yang dicintainya, karena hal itu sangat manusiawi dan alami. And yes, love should be fought for, not to be forgotten!

Cinta tidak harus memiliki.

Memang tidak. Tapi kalimat itu hanya valid jika memang tak ada kemungkinan untuk melanjutkan hubungan, misalnya jika ternyata seseorang jatuh cinta pada saudara kandungnya sendiri! Ketika kemungkinan untuk bisa bersatu itu ada, maka perjuangkan, bukannya malah dilupakan!

Memang. Memang tidak segampang itu, tetapi karena tidak mudah itulah maka disebut perjuangan.

Saat tidak ada kemustahilan untuk bisa bersatu, jangan pernah berhenti berjuang. Berkompromi dengan pasangan, belajar menekan ego masing-masing agar hubungan tetap bisa bertahan, melalui waktu demi waktu hingga tak terasa, ataupun perjuangan-perjuangan kecil lainnya. Semuanya tentu sulit jika dilakukan sendirian, namun akan jauh lebih mudah ketika dilakukan berdua, itulah esensinya. Karena cinta bukan hanya dirasakan satu orang, maka berjuanglah bersama-sama.

Jangan menyerah, dan jangan pula biarkan pasanganmu menyerah. Kerena ketika sejoli memutuskan untuk berjalan bersama, tak mungkin jika tak punya harapan untuk bisa saling memiliki. Semakin lama waktu yang telah dilalui, maka semakin besar rintangan yang akan dihadapi. Saat hal itu tiba, ingatlah untuk apa kalian berjuang, ingatlah apa yang membuat kalian sudah berjalan sejauh itu, rasakanlah kembali gelora cinta yang pernah menggebu itu. Saat hal itu tiba, jangan biarkan api cinta itu redup, jangan biarkan cinta hanya menjadi histori, jangan biarkan ego membuat perjuangan itu terhenti.

Ah, tapi kalau jodoh nanti pasti akan bertemu kembali.

Cih, bagiku itu hanya kalimat pembenaran yang hanya akan diucapkan oleh seorang pecundang. Kalimat itu diucapkan untuk membela diri dan menyangkal atas gagalnya perjuangan. Tuhan pun tak akan mempertemukan kembali saat kita berhenti berjuang. Memang berjuang tak melulu harus dengan berpacaran, tetap berkomitmen meskipun harus berpisah untuk sementara waktu juga merupakan perjuangan. Yang terpenting adalah lakukan hal yang nyata dan bukan hanya sekedar berkata-kata. Bukankah indah jika bisa berjuang bersama orang yang dicintai? Bukankah membahagiakan ketika orang-orang yang saling mencintai pada akhirnya bisa bersatu setelah menempuh perjuangan yang tidak mudah? Cinta itu untuk diperjuangkan, bukan untuk dilupakan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.