BPN

Menyikat Gigi Saat Puasa (Day 9)

Gimana sebaiknya ya??

Flat lay of real estate concept
Source: https://freepik.com

Menyikat gigi adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh, Tuhan pun menyukainya, sebab kita sudah tak asing dengan sebuah riwayat yang mengatakan bahwa “kebersihan adalah sebagian dari iman”.

Namun, apabila sikat gigi dilakukan saat sedang puasa bagaimana? Nanti takut ada air dan pasta gigi yang tertelan dan menjadi batal. Bagaimana sih sebaiknya kita menjaga kebersihan gigi dan mulut saat puasa?

Menyikat gigi sudah menjadi kebutuhan, kebersihan gigi dan mulut penting untuk dijaga meskipun kita sedang berpuasa, jika tidak maka gigi akan menjadi kotor dan menimbulkan berbagai masalah seperti nafas yang berbau tidak sedap hingga masalah kesehatan seperti gigi berlubang dan sariawan. Meski menjaga kebersihan gigi adalah hal yang harus dilakukan, namun kita juga perlu tahu bahwa menyikat gigi di saat berpuasa adalah hal yang makruh.

Lantas bagaimana sebaiknya?

Sebaiknya kita mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menyikat gigi dan bagaimana cara menyikat gigi.

 

Kapan Sebaiknya Kita Menyikat Gigi?

Menyikat gigi perlu dilakukan minimal 2 kali sehari. Saat puasa, kita bisa menyikat gigi di pagi hari saat selesai sahur dan malam hari sebelum kita tidur. Menyikat gigi setelah sahur juga hendaknya dilakukan paling lambat saat imsak, sehingga saat adzan Subuh berkumandang mulut kita sudah bersih dan segar. Lalu waktu lain dimana kita perlu menyikat gigi adalah setelah berbuka puasa, paling bagus adalah sebelum kita tidur. Sebelum tidur, usahakan untuk menyempatkan menggosok gigi, agar sisa-sisa makanan saat buka puasa menjadi bersih. Sikat gigi sebelum tidur atau setelah berbuka puasa menjadi sangat penting mengingat saat berbuka kita cendurung mengkonsumsi makanan yang manis-manis, maka dari itu jangan sampai terlupa agar gigi tetap sehat.

 

Gunakan Siwak Sebagai Pengganti Sikat dan Pasta Gigi

Islam adalah agama yang mencintai kebersihan. Di zaman Rasulullah SAW saat manusia belum mengenal sikat dan pasta gigi, Rasul telah mengajarkan kita untuk memakai siwak sebagai upaya untuk menjaga kebersihan gigi. Ajaran Rasulullah tersebut bahkan terbukti secara ilmiah dapat membantu menjaga gigi tetap sehat. Siwak memiliki banyak manfaat antara lain dapat mencegah munculnya karang gigi, membunuh bakteri di dalam gigi yang dapat menyebabkan radang gusi hingga dapat membuat nafas menjadi wangi secara alami.

 

Nafas yang tidak sedap saat berpuasa memang wajar terjadi, tetapi kita tetap harus menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menggosok gigi. Meskipun kita merasa kurang nyaman karena bau mulut saat berpuasa, namun diriwayatkan pula bahwa bau mulut orang yang berpuasa itu akan lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.

 

 

#30HariKebaikanBPN

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.