BPN

Awas THR Bikin Kalap (Day 14)

THR sudah di saku, tinggal beli ini dan beli itu~

Flat lay of real estate concept
Source: https://freepik.com

Haloooo~

Hari ini adalah hari ke-14, dan temanya adalah tentang THR. Wuhuuu, tema yang menarik untuk dibahas nih. Kira-kira apa yang akan dibahas ya? Mari yuk langsung saja dibaca!

THR alias Tunjangan Hari Raya menurut wikipedia adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia. Tentunya THR adalah rezeki nomplok yang sudah dinanti-nantikan dong, karena selama setahun bekerja alhamdulillah akhirnya dapet bonusan hehehe.

Adanya tunjangan hari raya memang dirasa sangat bermanfaat mengingat pengeluaran untuk hari raya biasanya lebih banyak ketimbang normalnya. Sebagai contoh yaitu pengeluaran untuk perjalanan mudik, lalu ditambah harga kebutuhan-kebutuhan pokok yang biasanya mengalami kenaikan, dan satu lagi yang sepertinya juga mutlak ada, ialah menyisihkan THR untuk dibagikan ke ponakan-ponakan kecil satu kampung. Subhanallah, apakah THR-mu lewat begitu saja?

Tapi, yang paling perlu untuk diwaspadai adalah diri kita sendiri sebenarnya. Saat uang sudah di tangan, terkadang kita suka lupa diri hingga tak sadar uang THR yang seharusnya bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat justru habis di mall-mall dalam kurun waktu kurang dari 5 jam. Heran gak tuh?

Ya gimana mau gak kalap kalau ketika memasuki pusat-pusat perbelanjaan kita akan melihat banyak diskon merajalela. Apalagi yang namanya perempuan, ada diskon 25% aja langsung deh nengok, padahal ya ngerti kalau diskon itu bisa bikin buntung kantongnya sendiri hadeeeh. Nih ya, penting untuk diingat, diskon itu akan memaksa kita membeli kebutuhan yang gak kita perlukan. Jadi ladies, kita harus membentengi diri dari diskonan-diskonan laknat yang ada di mall itu!

Nah, terus gimana biar kita nggak kalap dan ngabisin duit THR yang keluarnya cuman setahun sekali itu?

Cara paling ampuh adalah dengan tidak pergi ke pusat perbelanjaan setelah THR cair. Udah titik. Habisnya meskipun udah bikin perencanaan keuangan dan daftar belanjaan sesuai kebutuhan ujung-ujungnya juga bakal gak berguna karena kita akan termakan oleh kelapar-mataan kita sendiri. Jadi sekali lagi ladies, kita harus berani untuk “say no to belok ngliatin diskonan” dan untuk yang levelnya udah sakti harus berani untuk “say no to perge ke mall setelah gajian dan THR cair”!

Sekian~

 

 

#30HariKebaikanBPN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.