BPN

Jangan Lupa Bersedekah, Meskipun Hanya Dengan Senyuman (Day 16)

Bahkan senyummu merupakan sedekah bagi saudaramu

cover.jpg
Source: https://freepik.com

Sedekah berasal dari kata bahasa Arab : shodaqoh. Menurut wikipedia, sedekah ialah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah tidak hanya mencakup perihal harta benda, namun juga amal dan perbuatan baik, sebab itulah sedekah lebih luas cakupannya ketimbang zakat maupun infaq.

Sebagai umat Islam, sedekah merupakan hal yang sudah sepatutnya kita lakukan. Banyak keutamaan yang akan kita peroleh dari bersedekah, dan yang pasti selama kita ikhlas melakukan sedekah, tidak akan ada kerugian yang kita dapat, yang ada malah kebaikan-kebaikan dalam hidup kita yang akan bertambah.

Mengapa sih harus bersedekah?

Bersedekah adalah cara kita membuat harta kita menjadi berkah. Sama seperti zakat dan infaq, sedekah akan membersihkan harta dan juga dosa yang kita miliki. Sedekah sangat dianjurkan karena dalam Islam sendiri diajarkan bahwa sebagian dari harta kita adalah hak orang lain. Dalam sebuah hadits bahkan dijelaskan bahwa harta yang kita keluarkan untuk bersedekah tidak akan berkurang. Maka mengapa harus ragu untuk mengeluarkan sedekah jika Allah sudah menjamin rezeki kita?

Sedekah akan menghindarkan kita dari musibah. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Baihaqi “bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah”. Sedekah juga dapat membuat hati kita bahagia. Tunggu, ini bukan bahagia karena riya’, bukan bahagia karena mendapat sanjungan dari orang lain saat kita bersedekah. Jika bahagia seperti itu yang dirsakan, maka sia-sia saja sedekah yang telah dikeluarkan karena tidak didasari dengan keikhlasan. Sedekah akan membuat hati kita bahagia, dan saya telah membuktikannya. Sebuah perbuatan kecil yang entah kenapa saya merasa lega dan bahagia setelah melakukannya, perbuatan sederhana sesederhana mengingatkan pengendara motor di jalan bahwa standar motor yang dikendarainya belum dinaikkan kembali. Apakah teman-teman pernah mengalami kebahagiaan seperti itu?

Sedekah akan melipatgandakan pahala kita dan menjauhkan kita dari siksa kubur dan api neraka. Hal ini telah dijamin oleh Allah SWT dalam firman-firman-Nya, juga kerap disampaikan Rasulullah SAW dalam sabdanya. Salah satu firman Allah berbunyi “sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak” (Qs. Al Hadid: 18).

 

Masyaallah, sungguh kebaikan Allah tidaklah terbatas. Kita telah mengetahui keutamaan-keutamaan dalam sedekah, semoga Allah selalu menggerakkan hati kita agar ringan dalam memberikan sedekah.

 

 

#30HariKebaikanBPN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.