BPN

Amalan Puasa Saat Sedang Haid (Day 19)

Meski sedang haid, bukan berarti kita tak bisa mencari pahala

Flat lay of real estate concept
Source: https://freepik.com

Assalamualaikum sista~

Berjumpa lagi denganku di tantangan hari ke-19. Hari ini temanya adalah tentang amalan puasa, dan yang akan kubahas adalah tentang amalan-amalan apa saja yang bisa dilakukan oleh wanita yang sedang haid agar tetap bisa berburu pahala di bulan Ramadan ini 🙂

Haid adalah anugerah yang Allah berikan bagi kaum hawa. Sudah sepatutnya kita yang dapat merasakan haid ini bersyukur, sebab ada saudari kita di luar sana yang mungkin tidak mengalami haid karena sebab tertentu. Saat sedang haid, Allah memberikan kita larangan melakukan ibadah-ibadah wajib seperti sholat, membaca Al-Qur’an dan puasa.

Di bulan yang penuh berkah ini, agaknya kita akan merasa sedih dan rugi jika tidak melakukan ibadah, sebab itu berarti bahwa kita tidak bisa mendapatkan pahala yang jumlahnya berlipat ganda dibanding bulan-bulan yang lain. Tunggu, jangan bersedih hati dulu sist, karena meskipun tidak bisa sholat, membaca Al-Qur’an maupun berpuasa, kita masih bisa berburu pahala dengan cara yang lain. Mau tau apa aja? Ini dia.

 

1. Menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa

Membangunkan dan menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka ialah sebuah kebaikan, dan melakukan kebaikan juga berarti mendapatkan pahala dari Allah. Rasullullah SAW bersabda bahwa dengan memberikan makan untuk orang yang berpuasa, maka kita akan mendapatkan pahala selayaknya orang yang juga berpuasa. Masyaallah, Allah sungguh baik kepada kita kan? Alhamdulillah, dengan begini setidaknya kita masih bisa mendapatkan pahala di bulan Ramadan meski sedang tidak dapat menjalankan ibadah.

 

2. Berdzikir dan berdoa

Berdzikir adalah mengingat Allah dengan menyebutkan kalimat-kalimat thoyibah baik secara lisan maupun di dalam hati. Saat sedang haid, tidak ada cara paling mudah untuk mendapatkan pahala kecuali dengan berdzikir. Bahkan dzikir bisa kita lakukan di sela-sela aktifitas kita bekerja, atau ketika sedang mempersiapkan makanan untuk buka puasa keluarga, atau bahkan saat dalam perjalanan ke kantor. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mendapatkan pahala meskipun sedang haid ya ukhti.

3. Bersedekah

Bersedekah juga adalah amalan yang sangat mudah dilakukan. Keutamaannya pun banyak sekali. Aku pernah menulis tentang keutamaan bersedekah, siapa tau ada yang ingin membacanya lagi, silahkan klik link di bawah ini 🙂

Jangan Lupa Bersedekah, Meskipun Hanya Dengan Senyuman (Day 16)

4. Menuntut ilmu

Menuntut ilmu atau mendengarkan kajian agama juga amalan di bulan Ramadan yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid. Bahkan ukhtiku sayang, setiap langkah kaki kita menuju tempat kita akan menuntut ilmu diberikan pahala yang besar oleh Allah.

 

Itulah beberapa amalan yang dapat dilakukan saat sedang haid agar kita tetap bisa mendapatkan pahala di bulan Ramadan ini. Tetap semangat ya teman-teman dalam menjalankan ibadah di bulan yang penuh rahmat ini! Sampai jumpa besok! 🙂

 

 

#30HariKebaikanBPN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.