BPN

Mengajarkan si Kecil Perpuasa (Day 21)

Simak tips mengajarkan anak berpuasa berikut ini!

Flat lay of real estate concept
Source: https://freepik.com

Hai dan halo~

Memasuki hari ke-21 di bulan Ramadan tema tulisan dari #30hariblogpostchallenge adalah tentang tips berpuasa untuk anak kecil.

Puasa adalah salah satu kewajiban yang harus dijalankan umat Islam yang telah baligh. Puasa harus dilatihkan sejak dini kepada anak-anak, agar semakin lama semakin terbiasa dan tidak kesulitan untuk menjalankan puasa. Namun mengajarkan anak untuk berpuasa juga harus dengan cara-cara yang baik agar anak tidak merasa terbebani. Lalu bagaimana sih tips-tips untuk mengajari si kecil berpuasa? Tipsnya antara lain yaitu:

 

1. Ajarkan keutamaan puasa

Sebelum mengajak si kecil untuk berpuasa, penting bagi orang tua untuk mengajarkan banyak keutamaan dalam berpuasa agar anak termotivasi. Selain itu ajarkan juga keutamaan puasa agar anak bisa mencintai bulan Ramadan yang penuh rahmat dari Allah ini. Namun perlu diingat bahwa mengajarkan anak untuk memahami hal tersebut tidak melulu harus dengan ceramah. Gunakan cara-cara kekinian yang menyenangkan bagi anak, misalnya dengan memperdengarkan lagu-lagu religi anak di platform youtube yang punya sejuta konten ramah anak.

 

2. Ajak anak untuk berpuasa

Ajak anak berpuasa secara perlahan-lahan. Ajarkan berpuasa dari tahap yang ringan-ringan saja, misalnya puasa beberapa jam saja, atau berpuasa setengah hari jika itu adalah tahun pertamanya berpuasa. Tak perlu memaksa anak untuk berpuasa penuh di tahun-tahun awal ia belajar berpuasa, lama-kelamaan anak akan siap dengan sendirinya dan bisa berpuasa sehari penuh.

 

3. Masakkan sesuatu yang sepesial untuk menu sahur dan berbuka

Memasakkan menu-menu favorit anak sebagai santapan sahur dan berbuka juga bisa memotivasi anak agar bersemangat dalam berpuasa. Atau jika orang tua sedang memiliki rezeki lebih, bisa juga sekali-sekali berbuka puasa di luar rumah agar si  kecil semakin antusias.

 

4. Berikan reward untuk keberhasilannya

Berikan hadiah kepada anak untuk usahanya belajar berpuasa selama bulan Ramadan. Tak perlu yang muluk-muluk, berikan saja hal-hal yang disukai si kecil, hal itu saja sudah dapat membuat hati anak gembira dan bersemangat untuk menyambut bulan Ramadan berikutnya.

 

5. Kenalkan anak dengan keseruan bulan Ramadan

Mengajak anak untuk terlibat dalam tradisi-tradisi di bulan Ramadan juga penting dilakukan oleh para orang tua. Hal ini sebagai salah satu cara agar anak bisa mencintai dan merindukan keseruan-keseruan bulan Ramadan.

 

Itulah beberapa tips untuk melatih si kecil berpuasa. Poinnya adalah ajarkan anak berpuasa dengan cara-cara yang menyenangkan agar anak bisa selalu merindukan kehadiran bulan Ramadan.

Sekian~

 

 

#30HariKebaikanBPN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.