BPN

Jajanan Legendaris Khas Malang Saat Lebaran (Day 27)

Mamam tuh jajanan legendaris!

Flat lay of real estate concept
Source : https://bp-guide.id/

Wuoow wuoow wuoow!

Lebaran tinggal beberapa hari lagi sis! Alhamdulillah, semoga puasa dan nulisnya lancar terus ya! Tema tulisan hari ini adalah jajanan saat lebaran, nah yang akan aku tulis adalah jajanan legend yang selalu ada saat lebaran di tempat aku tinggal. Penasaran apa aja? Ini dia!

 

1. Kue Kacang

_1_
Kue kacang buk yah (source : https://m.olx.co.id/)

Yak, kue kacang adalah rajanya kue lebaran. Hampir di setiap rumah di komplek tempat aku tinggal selalu menyediakan kue kacang sebagai suguhan saat Idul Fitri. Meski sudah ada kue kastengel, kue putri salju, bahkan nastar, rasanya tetap kurang lengkap kalau nggak ada kue kacang di meja. Tapi kue kacang adalah kue favoritku meski kadang rasanya bikin cepat bosan alias mblengeri.

 

2. Khong Guan the Fortune Cookie

khong-guan_surabaya---khong-guan-assorted-red-mini-biskuit--650-g-_full0264046681.jpg
Khong Guan isi rengginang

Siapa yang tidak kenal biskuit legendaris Khong Guan? Dari zaman sebelum saya jadi bocah sampe sekarang, toples kemasan Khong Guan gak pernah berubah, dan ajaibnya dia tetep laku di pasaran loh! Standing aplause banget sama yang punya Khong Guan dan orang di balik kemasan Khong Guan.

Khong Guan the fortune cookie, adalah jajanan legendaris saat lebaran. Iya, Khong Guan the fortune cookie namanya, Khong Guan biskuit keberuntungan. Beruntung deh kalau kita dapet biskuit Khong Guan beneran pas buka itu toples, lain lagi ceritanya kalau pas dibuka eh dapetnya malah mlinjo atau rengginang!

Nggak masalah sih, baik mlinjo, rengginang, maupun Khong Guan asli, rasanya enak kok semuanya. Masalahnya adalah, sakit hatiku ketika berharap itu beneran Khong Guan tapi rupanya aku tertipu sama kemasannya.

 

3. Permen Fox’s dan Yupi

fox-s_fox-s-berries-permen--180-g--tin-_full021621508976.jpg
Permen fox’s

Aku nggak tau kenapa, tapi permen Fox’s dan permen Yupi adalah suguhan lebaran yang selalu ada di meja-meja rumah tetanggaku. Kalau di rumahku sih nggak ada, karena nggak pernah dapet parselan dong! Hiya hiya hiya.

 

4. Jenang dan Tape Ketan Ireng

TAPE-KETAN-HITAM-758x758
Tape ketan ireng (source : https://www.ikoma.co.id/)

Satu lagi nih jajanan legendaris khas daerah tempat tinggalku, dialah jenang alias dodol dan tapi ketan ireng (hitam). Kalau ini sebenarnya nggak semua tetanggaku nyediain, tapi ada satu keluarga yang sudah sepuh yang selalu menyuguhkan tape ketan ireng atau jenang (pilih salah satu) saat lebaran, sehingga pas silaturahim ke rumah beliau dan tidak menemukan tape ketan ireng, aduh rasanya seperti ada yang kurang, hingga mulut yang kurang ajar ini tak kuasa menahan untuk berucap “mbah, lha ketan ireng e pundi lho niki?”. Dasar tamu kurang ajar.

 

Itulah jajanan khas lebaran yang legendaris versi saya. Kalau dari daerah tempat tinggalmu jajanan legendarisnya apa?

 

 

#30HariKebaikanBPN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.