Thrift Shop, Ini Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Malu Pakai Baju Bekas

Tetap modis tanpa ngerusak lingkungan

Devices

Orang pintar, belanja di thrift shop (pinjem tagline orang maaap). Pict source: freepik.com

Pernah dengar istilah thrift shop? Buat yang belum tau, thrift shop adalah istilah keren dari toko yang menjual barang-barang loakan, baju bekas (preloved) misalnya. Pandangan negatif atau cibiran kerap melekat pada orang-orang yang berbelanja di thrift shop, padahal sebenarnya banyak alasan kenapa kamu nggak perlu malu pakai baju-baju bekas. Kenapa emangnya? Yok kita bahas satu-satu:

1. Dukung slow fashion, belanja yang lebih ramah lingkungan

1
Pict source: freepik.com

Sebelum membahas slow fashion, aku akan ngebahas sedikit tentang kebalikannya, yaitu fast fashion. Fast fashion adalah istilah untuk menggambarkan industri busana yang menciptakan tren fashion yang silih berganti dalam waktu singkat (musiman). Baju-baju fast fashion dibuat dari bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan, dan hal ironis lainnya adalah pekerja-pekerja yang membuat baju-baju fast fashion biasanya diberi upah yang rendah.

Slow fashion hadir untuk menjadi antitesis dari fast fashion. Slow fashion menciptakan baju dengan style yang timeless dan bahan yang ramah lingkungan, prinsipnya adalah memperlambat laju fast fashion. Memakai pakaian bekas berarti memperpanjang umur pakai dari baju tersebut, berbanding terbalik dengan fast fashion bukan? Dengan memakai baju-baju slow fashion, kamu tetap bisa tampil modis tanpa harus merusak lingkungan.

Baca ini dong: Hobi + Usaha + Keterampilan = Side Project Bernilai Ekonomis

2. Surga buat pecinta baju-baju model lawas

Young retro loving couple posing isolated
Pict source: freepik.com

Baju di thrift shop biasanya memiliki model-model yang tidak sesuai perkembangan zaman, kebanyakan dari mereka memiliki model yang jadul. Maklum ya, namanya aja thrift shop. Tapi justru inilah yang dicari oleh para pecinta style jadul, baik yang vintage maupun retro. Kamu bisa menemukan harta karun berupa baju-baju model lawas yang gak banyak kamu temuin di toko-toko fashion pada umumnya.

3. Dapetin baju branded dengan harga murah

Portrait beautiful young asian woman with pink piggy bank
Pict source: freepik.com

Kalau ini sih udah bukan rahasia lagi. Selain nemuin baju-baju jadul, di thrift shop kamu bisa nemuin baju-baju bermerek dengan kondisi yang masih bagus dengan harga miring. Kok bisa sih baju-baju branded dijual dengan harga murah? Ini karena baju-baju yang dijual di thrift shop adalah baju-baju yang gagal ekspor atau tidak lolos quality control (ada cacatnya). Tapi tenang aja, biasanya defect di baju-baju ini tidak seberapa kok, asli!

Baca juga: Tolong Kembalikan Piring dan Gelas Kotormu

Perhatikan ini kalau mau coba belanja di thrift shop

Untuk kamu yang mau cobain belanja di thrift shop, simak beberapa tips ini. Pertama, kalau belanjanya online, pastikan tokonya memiliki reputasi yang bagus. Kedua, pastiin kondisi baju sebelum membeli, tanya ke penjualnya gimana kondisi si baju, apakah ada defect atau tidak. Kalau defectnya masih bisa ditolerir sih ya sikat aja hehe. Ketiga, pastiin baju yang akan kamu pakai sudah dalam keadaan bersih (sudah dicuci). Keempat, jangan laper mata kalau nggak mau kantongmu kering!

 

Itulah beberapa alasan kenapa kamu gak perlu malu untuk pakai baju-baju dari thrift shop. Kalau ada yang mencibir? Lewatin aja sist, nggak perlu didengerin. Belanja baju bekas bukan sebuah aib, melainkan sebuah cara untuk berkontribusi buat alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.